Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 27 Oktober 2014

Bayi Kami "Kuning"


Cerita ini sebenarnya bentuk kekesalan hati karena tidak bisa ikut acara tentang seminar ASI yang diadakan Dinkes Prop. Kalteng padahal sejak kurang lebih 2 tahun yang lalu dimana saat saya bekerja bersama dalam suatu kegiatan dengan salahsatu staf Dinkes Prop. Kalteng telah sedikit banyak membahas tentang bagaimana ASI agar menjamur dikalangan ibu-ibu khususnya di Kalimantan Tengah

Dalam cerita ini mungkin secara langsung tidak mengarah ke ASI tapi saya menekankan bagaimana pengalaman saya dan istri dalam menghadapi bayi kami yang "kuning". Oh ya untuk mempersingkat dalam pengetikan saya singkat aja ya BAYI KUNING dengan BK :D

BK atau Ikterus neonatorum (bayi baru lahir berwarna kuning) adalah kondisi munculnya warna kuning di kulit dan selaput mata pada bayi baru lahir karena adanya bilirubin (pigmen empedu) pada kulit dan selaput mata sebagai akibat peningkatan kadar bilirubin dalam darah (hiperbilirubinemia) 》begitu pengertiannya yang saya dapat dari googling. Awalnya saya tidak tau BK itu apa dan seperti apa, namanya juga baru jadi orangtua hehe
Kenapa bisa terjadi BK? Hmm googling lagi yah... ternyata eh ternyataaa.. BK ini ada yang alamiah dan ada yang memang karena penyakit. Bahas satu persatu? Ok silahkan disimak hasil copas saya berikut

Secara garis besar, batasan kekuningan bayi baru kahir karena proses alamiah (fisiologis) adalah sebagai berikut:
  1. Warna kekuningan nampak pada hari kedua sampai hari keempat.
  2. Secara kasat mata, bayi nampak sehat
  3. Warna kuning berangsur hilang setelah 10-14 hari.
  4. Kadar bilirubin (pigmen empedu) dalam darah kurang dari 12 mg%.
Adapun warna kekuningan pada bayi baru lahir yang menggambarkan suatu penyakit (patologis), antara lain:
  1. Warna kekuningan nampak pada bayi sebelum umur 36 jam.
  2. Warna kekuningan cepat menyebar kesekujur tubuh bayi.
  3. Warna kekuningan lebih lama menghilang, biasanya lebih dari 2 minggu.
  4. Adakalanya disertai dengan kulit memucat (anemia).
  5. Kadar bilirubin (pigmen empedu) dalam darah lebih dari 12 mg% pada bayi cukup bulan dan lebih dari 10 mg% pada bayi prematur.
Jika ada tanda-tanda seperti di atas (patologis), bayi kurang aktif, misalnya kurang menyusu, maka sebaiknya segera periksa ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan
Kembali ke cerita, anak kami yang waktu itu baru berusia sekitar 2 minggu mengalami BK. Karena waktu itu kami masih sangat awam, konsultasilah kami ke tenaga paramedis (bidan) yang membantu persalinan anak kami dan dibilangnya sih karena kurang cairan. Hah masa sih? Waktu itu percaya aja dan disarankan untuk menambah asupan cairan dengan yang namanya sufor. Hati ini serasa disayat sembilu. Meski kalimatnya sedikit lebay tapi begitulah yang kami rasakan. Diantara tekad ingin ASI eksklusif atau ketidaktegaan kami terhadap buah hati akhirnya bayi kami terpaksa diberi tambahan sufor.

Oh iya kekhawatiran saya sangat tinggi karena saya teringat almarhumah mama saya yang meninggal karena sirosis dengan gejala yang sangat mirip dengan BK ini.

Sehari, dua hari, tiga hari... tak ada perubahan berarti. Akhirnya dalam hati kami mulai meragukan diagnosa sang bidan. Dengan rasa penasaran yg sangat sangat sangat, googling lah kami untuk mencari referensi lain dan ternyataaa faktanya memang asupan cairan mempengaruhi namun ASI sudah dianggap cukup dan ada hal yang selama ini tidak kami lakukan yaitu "menjemur" bayi kami

Akhirnya setiap pagi kami "jemur" tuh si bayi mungil nan cantik. Jemurnya sih tidak terkena matahari langsung tapi cukup dibawa keluar ruangan atau keluar rumah saja dan tidak sampai seminggu warna kuning pada bayi kami sudah menghilang. Bagaimana dengan sufornya? Nah ini salahsatu kesalahan kami yang mungkin akan saya ceritakan lain kali.

Kenapa harus dijemur? Nah ini saya copas kan lagi ya

Terapi dengan sinar matahari hanya merupakan terapi tambahan. Biasanya dianjurkan setelah bayi selesai dirawat di rumah sakit. Caranya, bayi dijemur selama setengah jam dengan posisi yang berbeda-beda. Seperempat jam dalam keadaan telentang, misalnya, seperempat jam kemudian telungkup. Lakukan antara jam 7.00 sampai 9.00. Inilah waktu dimana sinar surya efektif mengurangi kadar bilirubin. Di bawah jam tujuh, sinar ultraviolet belum cukup efektif, sedangkan di atas jam sembilan kekuatannya sudah terlalu tinggi sehingga akan merusak kulit. Bila pagi hari dalam keadaan mendung sinar matahari sore atau akhir matahari mungkin masih dianggap aman, sekitar jam 16.00 s/d 17.00. Hindari posisi yang membuat bayi melihat langsung ke matahari karena dapat merusak matanya. Perhatikan pula situasi di sekeliling, keadaan udara harus bersih.Apapun penyebab kuning, sebaiknya jangan diremehkan

Apa pesan dari cerita ini? Biar pembaca yang menganalisanya hehe...

Referensi: http://drwidodojudarwanto.com/2013/09/22/penyebab-dan-penanganan-bayi-kuning-ikterus-neonatorum/

Minggu, 26 Oktober 2014

Booster ASI


Sudah lama saya tak posting info mengenai dunia per-nenen-an. Setelah sibuk dengan urusan kerjaan yang luar biasa "nyantai"nya smpai-sampai untuk buka internet saja susah (slain buka sosmed ya)

Akhirnya dengan sedikit inspirasi dari Yang Maha Kuasa saya coba menjelaskan bagaimana cara meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

Oke pertama-tama kita harus tau hormon apa yang memproduksi dan melancarkan ASI. Yap itu dia namanya Prolaktin dan Oksitosin. Hormon prolaktin berfungsi untuk memproduksi ASI sedangkan hormon oksitosin berfungsi utk merangsang keluarnya ASI dari payudara. Kedua hormon ini saling berkaitan lhooo jadi kalo mau ASI nya banyak dan keluarnya lancar maka hormon ini harus ditingkatkan.

Pertanyaannya, apa dan bagaimana cara meningkatkan kedua hormon tersebut? Baik kita bahas satu-satu ya....

Hormon prolaktin dapat dtingkatkan dengan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung steroid dan polifenol. Salahsatu bahan makanan yang mengandung zat tersebut adalah daun katuk. Apakah dengan meningkatnya hormon prolaktin akan menyebabkan ASI lancar? Belum tentu karena masih ada 1 hormon lain yaitu oksitosin. Apakah dengan memakan makanan berbahan daun katuk akan efektif meningkatkan produksi ASI? Belum tentu juga jika tidak diikuti dengan menyusui dan diperah yang rutin. Jadi intinya selain suplemen, perlakuan terhadap ASI yang dproduksi juga mempengaruhi banyaknya produksi ASI. Menurut pengalaman saya pribadi, istri saya menggunakan suplemen hanya pada awal-awal menyusui setelah produksi ASI lancar, suplemen dihentikan dan produksinya digenjot dengan rutin menyusui dan rutin memerah.

Hormon oksitosin erat hubungannya dengan perasaan dan pikiran ibu. Jika perasaan ibu senang dan pikiran tenang maka hormon ini akan meningkat dengan otomatis sehingga dampaknya akan melancarkan keluarnya ASI dari payudara. Pikiran positif, rasa tenang, senang, gembira dan perasaan positif lainnya bisa meningkatkan hormon oksitosin secara signifikan. Produksi hormon ini bisa dibantu peningkatannya oleh orang-orang sekitar ibu termasuk suami si ibu tentunya dengan berbagai dukungan diantaranya dengan tidak membuat ibu stress.

Jadi, seberapa pun banyaknya suplemen ASI jika tidak diikuti dengan menyusui dan perah rutin serta pikiran ibu tidak tenang dan perasaan ibu stress maka proses menyusui tidak akan efektif. Dan perlu diingat juga bahwa HASIL PERAH BUKANLAH INDIKATOR yang tepat untuk menilai produksi ASI dan PRINSIP produksi ASI adalah semakin sering ASI dikeluarkan maka akan semakim cepat ASI diproduksi.

Sumber: www.ayahasi.org dan beberapa sumber lainnya

Sabtu, 25 Oktober 2014

Sejarah Tahun Hijriyah


Dalam moment 1 Muharram 1436 H saya copy-paste kan tentang sejarahnya. Sekalian untuk dokumentasi saya juga

Kalendar Islam bagi sandaran umat Islam adalah Takwim Hijrah atau Takwim Islam. Ianya merupakan takwim yang digunakan secara meluas di kebanyakan negara umat Islam untuk menentukan hari kebesaran Islam. Kalendar ini merupakan kalendar lunar (berasaskan bulan), dan mempunyai kira-kira 355 hari dalam setahun.Permulaan penggunaan Kalendar Tahun Hijrah / Hijriah adalah hasil dari ilham Khalifah Ar-Rasyidin yang kedua iaitu Saidina Umar Al-Khatab r.a. Ini adalah rentetan dari Kesatuan Arab yang ditubuhkan di bawah naungan Islam pada zamannya.Riwayat juga mengatakan bahawa Gabenor Abu Musa Al-Asy’ari telah mengirimkan surat kepada Saidina Umar r.a meminta beliau menjelaskan tentang tahun bagi tarikh surat/arahan Umar yang telah dihantar kepadanya.Bermula daripada peristiwa itulah Saidina Umar memerintahkan satu kalendar / taqwim Islam yang khas diwujudkan untuk menggantikan tahun rujukan kalendar yang berbagai-bagai yang digunakan oleh bangsa-bangsa Arab dan bangsa-bangsa lain pada zaman itu. Peristiwa ini juga pencetus kepada penyusunan takwim berdasarkan falak syar’ie.
Sebelum kemunculan kalendar Islam ini di kalangan bangsa Arab sendiripun ada berbagai-bagai kalendar yang digunakan seperti Kalendar Tahun Gajah, Kalendar Persia, Kalendar Romawi dan kalendar-kalendar lain yang berasal dari tahun peristiwa-peristiwa besar Jahiliah.

Maka Umar telah memilih tahun yang terdapat di dalamnya peristiwa paling agung dalam sejarah Rasullullah s.a.w untuk dijadikan asas permulaan tahun pertama bagi kiraan kalendar taqwim Islam.

Walaupun tahun yang dipilih adalah tahun hijrah, ianya mencatatkan peristiwa hijrah berlaku pada bulan yang lain selain Muharram namun kalender Islam meletakkan awal bulan kalender hijrah itu sebagai awal Muharram ini kerana kemuliaan yang ada pada bulan ini di sisi orang Arab lebih-lebih lagi di sisi Allah.

Kalendar ini juga mengambil peristiwa hijrah Rasullullah s.a.w dari Makkah ke Madinah. Ini adalah kerana dengan hijrah inilah permulaan pertolongan Allah kepada RasulNya dan agama Islam ditegakkan. Hasil dari itu, Kesatuan Arab lebih sistematik, bersatu dan tersusun serta mendapat berbagai-bagai kejayaan besar dan bertambah kuat hasil dari pilihan Umar itu.

Di antara kejayaan besar Islam waktu itu ialah kerajaan Kisra dapat ditumbangkan, Baitulmuqaddis pula dibebaskan dari Rom dan Masjid Al Aqsa dibangunkan.

Perbandingan kalendar juga telah dibuat oleh Umar,setelah Umar membandingkan kalendar tersebut dengan kalendar-kalendar Persia dan Romawi, didapati bahawa kalendar ini ternyata lebih baik dan bersistematik. Maka dengan itu pengisytiharaan Kalendar Tahun Hijrah adalah Kalendar / Taqwim Islam yang rasmi.

Sebab-sebab berlaku Hijrah

Ia bagi mengurangkan tekanan yang dialami baginda Rasulullah terhadap serangan bertubi-tubi puak musuh di kalangan masyarakat Arab Jahiliyyah yang tidak senang dengan Islam yang diperkenalkan oleh baginda Rasulullah s.a.w.

Atas dasar itu Allah SWT memerintahkan baginda dan seluruh umat Islam yang masih berada di bumi Mekah supaya meninggalkan tempat itu dan menuju ke kota Madinah.

Bagi yang mengingkari arahan supaya berhijrah ke Madinah, mereka dijanjikan dengan neraka dan ditimpakan dengan siksaan yang amat pedih dari sisi Allah sepertimana yang ditegaskan Allah menerusi firman-Nya dalam ayat 97 surah an-Nisaa yang bermaksud :

“Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaaan menzalimi diri mereka sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya : Dalam keadaan bagaimana kamu ini? Mereka menjawab : Kami adalah orang-orang yang tertindas di negeri kami sendiri (Mekah). Para malaikat berkata : Bukankah bumi Allah itu luas hingga kamu dapat berhijrah di bumi itu? Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan ia seburuk-buruk tempat kembali.”

Hijrah adalah sunnah para anbiya

Hijrah bukan sahaja berlaku ke atas diri Nabi Muhammad s.a.w sahaja, malah telah terdahulu daripadanya para Anbiya seperti Nabi Ibrahim, Musa, Isa, Yusuf alaihimussalam dan lain-lain, ia berlaku kerana penentangan yang amat keras di kalangan masyarakatnya yang tidak dapat menerima dakwah atau seruan yang dibawa oleh mereka.

Maka berlakulah penentangan antara hak dan batil yang memang menjadi lumrah dan semulajadi hingga hari Kiamat.

Justeru, para Anbiya semuanya telah dijemput oleh Allah di sisinya, agama-Nya yang benar itu diwarisi oleh mereka yang cintakan Allah dan Rasul-Nya, maka golongan pewaris Islam sampai bila-bila berdepan dengan tribulasi ciptaan manusia yang tidak senang Islam mendapat sambutan menggalakkan.

Allah tidak akan membiarkan agama Islam terkulai layu tanpa yang menyambutnya, maka dia memilih di kalangan hamba-hambaNya individu-individu yang sanggup berkorban untuk agama-Nya, namun mereka terpaksa berdepan dengan ujian, cubaan, tribulasi yang direka oleh manusia-manusia yang tidak berapa senang Islam mendapat tempat di hati manusia, walaupun yang membencinya bernama Islam, tetapi pada masa yang sama menganut fahaman Sekularisme, Kapitalisme, Sosialisme, Nasionalisme, dan lain-lain.

Mereka berusaha untuk menangkap, memenjara, membunuh golongan yang mendaulatkan Islam tanpa bicara dan bukti yang sah lagi kukuh untuk menuduh mereka, ia sedang berlaku di negara-negara yang diperintah umat Islam sampai hari ini, khususnya mereka yang tidak meletakkan Islam sebagai agama perlembagaan negara.

Maka berlakulah penghijrahan golongan ulama’yang terpaksa meninggalkan negara masing-masing bukan atas alasan takut, tetapi kejahatan golongan pemerintah memuncak yang memaksa mereka keluar untuk mencari lokasi yang difikirkan munasabah untu meneruskan aktiviti dakwah di situ.

Rasulullah sendiri pernah menjadi sasaran musuh

Allah SWT berfirman menerusi ayat 30 surah al-Anfal: “Dan (ingatlah) ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan segala daya upaya terhadapmu (Muhammad) untuk menangkap (memenjara), membunuh serta mengusirmu keluar dari (Mekah). Mereka membuat perancangan jahat dan Allah menggagalkan perancangan jahat mereka, dan Allah adalah sebaik-baik pembalas tipu daya (perancangan).” Jelas ayat di atas, menunjukkan bahawa kejahatan orang-orang yang jahat terhadap kerja-kerja dakwah tidak terhenti setakat itu, malah mereka memilih salah satu jalan untuk memastikan dakwah itu gagal, sama ada melalui penangkapan terhadap pendakwah, mengusir, memenjara atau membunuh mereka tanpa kebenaran yang sah, itulah yang akan dilakukan sampai hari kiamat, tetapi yang lebih menduka-citakan ialah apabila ia dirancang sendiri orang yang bernama Islam.Sesungguhnya hijrah yang berlaku ke atas Rasulullah s.a.w itu bukan ke satu tempat tertentu, malah ia bermaksud hijrah kepada Allah bagi mendapatkan keredaan-Nya, ia bertepatan dengan firman Allah di atas lidah Nabi Ibrahim dan Nabi Lut dalam ayat 26 surah al-Ankabut : “Dan berkatalah Ibrahim : Sesungguhnya aku akan berpindah (berhijrah) ke tempat yang diperintahkan Tuhanku, sesungguhnya Dia Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”Pengajaran daripada peristiwa Hijrah Hijrah telah melahirkan beberapa pendekatan berikut:1. Sunnah Nabi keluar ke tempat jauh dengan ditemani seseorang (Saidina Abu Bakr).

2. Hijrah di waktu malam adalah paling sesuai untuk bermunajat kepada Allah, kerana pada waktu itu ramai di kalangan pihak musuh sedang seronok tidur.

3. Tidak salah mendapat dan menggunakan khidmat orang kafir bagi tujuan maslahat Islam sepertimana baginda menggunakan khidmat Abdullah Bin Uraiqit (Nasrani) menjadi petunjuk jalan ke Madinah.

4. Baginda mengatur strategi berdakwah agar tidak dapat dikesan oleh musuh dengan menghilangkan kesan tapak kaki dengan puluhan tapak kaki kambing yang diusahakan oleh Amir Bin Fuhairah.

5. Memberi pengiktirafan dan kepercayaan kepada seorang remaja/belia dalam kerja-kerja dakwah sepertimana baginda mengarahkan Saidina Ali Bin Abu Talib menggantikan tempat tidurnya.

6. Memberi pengiktirafan dan kepercayaan kepada seorang muslimah berperanan dalam memberi saham seperti Asma Binti Abu Bakar.

7. Memberi pengiktirafan dan kepercayaan kepada seorang remaja, Abdullah Bin Abu Bakr untuk mendapatkan rahsia bagi memudahkan kerja-kerja dakwah.

Sesungguhnya setiap daripada individu muslim, boleh memainkan peranannya sebagai anggota jamaah menurut kadar kemampuan dan ilmunya bagi memajukan Islam pada kadar yang termampu.

Perkara sunat yang dilakukan di bulan Muharam

1. Digalakkan berpuasa sunat pada awal Muharram.

2. Digalakkan berpuasa sunat pada 9 dan 10 Muharram.

Jumat, 24 Oktober 2014

Tips dan Trik Kartu Kredit



Iseng-iseng saya browsing dan dapat informasi tentang tips dan trik kartu kredit, mungkin teman-teman ada yang membutuhkan info tersebut. Iklannya sih begini:

1.Butuh Modal Bisnis Tanpa Bunga Besar?
Klik Sekarang dan dapatkan segera modal usaha secara cepat dan bangun bisnis anda sekarang juga!


2. Mau Buka Usaha Sampingan Tapi Ga Ada Modal?
Klik Sekarang dan dapatkan segera modal usaha secara cepat dan bangun bisnis anda sekarang juga!


3. Video Rahasia Memanfaatkan Kelemahan Bank Untuk Modal Usaha
Buruan Download Video rahasia ini! Sebelum pihak bank memblokir video ini

Nah bisa klik link ini untuk informasi lebih lanjut

SETTING HT WEIRWEI 3288


Buat teman-teman yang mau setting HT Weierwei, ini saya copykan dari blog lain. Skalian sebagai dokumentasi saya jika sewaktu-waktu saya lupa hehe... Settingan ini untuk HT dalam repeater (pancar ulang)

Berikut Cara Seting Duplex, Tone, Untuk Repeater Contoh - Misalnya untuk dapat berkomunikasi pada satu repeater dengan frekunsi 143.550Mhz - 155 tone 151.4

  1. Posisi pada VFO tidak di Memori, untuk merubahnya tekan tombol VFO/MR tombol ketiga paling atas.
  2. Tekan angka untuk frekunsi Monitornya 143550 
  3. Seting Spasi/Difffren untuk 155 caranya : klik tombol Menu - kemudian pilih DIFFR? (15) - Klik Tombol Enter. kemudian pilih Spasi Duplexnya 01.550,
  4. Seting Duplex (+) Plus atau (-) Minus caranya : tekan tombole Menu - Kemudian pilih S - D? (19) - klik tombole Enter. Akan ada 3 Pilihan 0 Tanpa Duplex, - Duplex Minus, + Duplex Plus,
  5. Seting Tone untuk TX klik tombol Menu - Kemudian pilih T-CDC? (18) - klik tombol Enter akan ada 50 mode tone pilih - 151.4 (25)
  6. Jika Berhasil Coba tekan PTT dari HTnya sembari perhatikan pada displaynya. Saat PTT belum ditekan angka yang tampil dilayar 143550, tepat diatas angka tersebut ada tanda ( - ) minus, pada saat ditekan akan muncul angka 142000, diatas angka tersebut muncul teks CT dan -.
  7. Untuk menyimpan setingan tadi kedalam memori agar tidak hilang caranya Perhatikan display layar, tekan tombol Menu - kemudian tombol VFO/MR - dipojok kiri atas ada huruf (f), dikanan akan ada angka memori berkedip-kedip, atur dimemori berapa akan disimpan setelah itu tekan tombol enter untuk menyimpan setingan tadi.

Sumber: http://rpu371puncakkendeng.blogspot.com/p/kode-udara.html