Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 26 Oktober 2014

Booster ASI


Sudah lama saya tak posting info mengenai dunia per-nenen-an. Setelah sibuk dengan urusan kerjaan yang luar biasa "nyantai"nya smpai-sampai untuk buka internet saja susah (slain buka sosmed ya)

Akhirnya dengan sedikit inspirasi dari Yang Maha Kuasa saya coba menjelaskan bagaimana cara meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui

Oke pertama-tama kita harus tau hormon apa yang memproduksi dan melancarkan ASI. Yap itu dia namanya Prolaktin dan Oksitosin. Hormon prolaktin berfungsi untuk memproduksi ASI sedangkan hormon oksitosin berfungsi utk merangsang keluarnya ASI dari payudara. Kedua hormon ini saling berkaitan lhooo jadi kalo mau ASI nya banyak dan keluarnya lancar maka hormon ini harus ditingkatkan.

Pertanyaannya, apa dan bagaimana cara meningkatkan kedua hormon tersebut? Baik kita bahas satu-satu ya....

Hormon prolaktin dapat dtingkatkan dengan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung steroid dan polifenol. Salahsatu bahan makanan yang mengandung zat tersebut adalah daun katuk. Apakah dengan meningkatnya hormon prolaktin akan menyebabkan ASI lancar? Belum tentu karena masih ada 1 hormon lain yaitu oksitosin. Apakah dengan memakan makanan berbahan daun katuk akan efektif meningkatkan produksi ASI? Belum tentu juga jika tidak diikuti dengan menyusui dan diperah yang rutin. Jadi intinya selain suplemen, perlakuan terhadap ASI yang dproduksi juga mempengaruhi banyaknya produksi ASI. Menurut pengalaman saya pribadi, istri saya menggunakan suplemen hanya pada awal-awal menyusui setelah produksi ASI lancar, suplemen dihentikan dan produksinya digenjot dengan rutin menyusui dan rutin memerah.

Hormon oksitosin erat hubungannya dengan perasaan dan pikiran ibu. Jika perasaan ibu senang dan pikiran tenang maka hormon ini akan meningkat dengan otomatis sehingga dampaknya akan melancarkan keluarnya ASI dari payudara. Pikiran positif, rasa tenang, senang, gembira dan perasaan positif lainnya bisa meningkatkan hormon oksitosin secara signifikan. Produksi hormon ini bisa dibantu peningkatannya oleh orang-orang sekitar ibu termasuk suami si ibu tentunya dengan berbagai dukungan diantaranya dengan tidak membuat ibu stress.

Jadi, seberapa pun banyaknya suplemen ASI jika tidak diikuti dengan menyusui dan perah rutin serta pikiran ibu tidak tenang dan perasaan ibu stress maka proses menyusui tidak akan efektif. Dan perlu diingat juga bahwa HASIL PERAH BUKANLAH INDIKATOR yang tepat untuk menilai produksi ASI dan PRINSIP produksi ASI adalah semakin sering ASI dikeluarkan maka akan semakim cepat ASI diproduksi.

Sumber: www.ayahasi.org dan beberapa sumber lainnya

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut