Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 30 September 2015

Alat Pengukur ISPU Rusak, Online Saja


Postingan ini untuk kesekian kalinya aku ngebahas kabut asap yang ada di Palangka Raya dan seperti kita semua tau dan ramai di kicauan twit lokal tentang indeks pencemaran udara atau lebih dikenal dengan ISPU

ISPU adalah singkatan dari Indeks Standart Pencemaran Udara atau kalo di "bule" kan menjadi Pollutant Standard Index atau disingkat PSI dan ada juga yang menyebut Air Pollution Index.

Menurut wikipedia, ISPU adalah laporan kualitas udara kepada masyarakat untuk menerangkan seberapa bersih atau tercemarnya kualitas udara kita dan bagaimana dampaknya terhadap kesehatan kita setelah menghirup udara tersebut selama beberapa jam atau hari. Penetapan ISPU ini mempertimbangkan tingkat mutu udara terhadap kesehatan manusia, hewan, tumbuhan, bangunan, dan nilai estetika

Komponen dalam ISPU terdiri dari karbon monooksida (CO), sulfur dioksida (CO2), nitrogen dioksida (NO2), ozon permukaan (O3), dan partikel debu (PM10)

Sayangnya alat yang sedianya bisa memberikan informasi tentang kualitas udara tersebut yang dipasang di Bundaran Besar Palangka Raya sudah lama rusak dan tidak kunjung diperbaiki sehingga masyarakat tidak mendapat informasi yang jelas tentang kualitas udara di tengah kota Palangka Raya ini.

Courtesy http://borneonews.co.id
Sedikit quote beritanya ya disalahsatu media online (lengkapnya bisa klik link berikut http://borneonews.co.id/berita/22080-rusaknya-alat-pengukur-ispu-disayangkan)
SEBAGIAN masyarakat Kota Palangka Raya menyayangkan tidak berfungsinya alat pengukur indeks standar pencemar udara (ISPU).
Padahal alat itu sangat diperlukan guna mengetahui tingkat pencemar­an­ udara yang diakibatkan oleh dampak kebakaran hutan dan lahan.
“Hampir dua tahun alat ini tidak berfungsi dan dibiarkan begitu saja. Seharusnya informa­si kualitas udara bisa diakses masyarakat terle­bih kita sedang dilanda kabut asap tebal,” kata Rahman, warga Kelurah­an Menteng.
Dia menilai pemerin­tah kota terkesan tidak serius memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama terkait informasi kualitas udara
Namun seiring dengan kemajuan teknologi informasi, kita bisa memantau ISPU ini pada informasi disajikan BMKG untuk beberapa kota besar atau kota yang mendapat perhatian lebih karena pencemaran udaranya pada link berikut http://bmkg.go.id

Sebagai contoh silahkan klik link untuk melihat indeks partikel debu berikut http://www.bmkg.go.id/BMKG_Pusat/Kualitas_Udara/Informasi_Partikulat.bmkg

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua

*nb:
Sebelum ditanya kenapa foto alat ISPU nya ga di foto sendiri saja? Jawaban aku, aku ga mau ambil risiko batuk tambah parah untuk sekedar mengambil foto alat tersebut mengingat aku alergi terhadap debu meskipun sudah pake masker N95 (mengingat pekatnya kabut asap sehingga masker N95 pun tak banyak membantuku) tapi Insya Allah jika kebetulan aku lewat daerah situ untuk suatu urusan maka akan aku foto tuh alat

Akut atau Kronis (?)


Kabut asap yang melanda Palangkaraya akhir-akhir ini berpengaruh buruk terhadap kesehatan masyarakat. Menurut informasi dari media massa banyak warga Palangkaraya terkena ISPA.

Tau ga ISPA itu singkatan dari apa? ISPA singkatan dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut, bukan Infeksi Saluran Pernafasan Atas meskipun memang yang diserang adalah saluran pernafasan bagian atas seperti hidung yang tenggorokan.

Ngomong-ngomong soal "akut", tau ga definisinya? Berdasarkan KBBI akut adalah 1 timbul secara mendadak dan cepat memburuk (tt penyakit); 2 memerlukan pemecahan segera; mendesak (tt keadaan atau hal); gawat:penyediaan air bersih menjadi masalah yg --; 3 kurang dr 90o (tt sudut): sudut --. Jadi ISPA adalah sakit infeksi di saluran pernafasan yang timbul secara mendadak tentunya dengan adanya penyebab.

Oh ya ada lagi satu istilah yang erat kaitannya dengan penyakit dan kata akut yaitu "kronis". Menurut KBBI kronis adalah 1 terus-menerus berlangsung; tahan dl waktu yg lama (tt keadaan); 2 berjangkit terus dl waktu yg lama; menahun (tt penyakit yg melanda diri seseorang) yg tidak sembuh-sembuh

Jadi sudah tau kan ISPA itu sebenarnya apa dan pengertian Akut serta aku kasih bonus pengertian kronis. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu bagi kita

Senin, 28 September 2015

Manfaat Kopi


Kopi memiliki penikmat tersendiri seperti halnya teh atau minuman lainnya. Meminum kopi ada yang sekedar hobi bahkan ada pula yang menjadi kebiasaan atau keharusan.


Aku ingat cerita istri bahwa dulu mertuaku yang perempuan sering mengeluh pusing setiap hari. Setelah konsultasi ke dokter dan diberi obat maka pusingnya hilang. Setelah obatnya habis maka pusing berulang lagi dan disarankan dokter untuk mengkonsumsi kopi.

Akupun sebenarnya penikmat kopi tapi ga maniak. Sehari masih bisa jika diperlukan untuk tidak minum kopi meskipun terkadang kepala agak pusing juga. Meskipun pernah minum kopi hitam namun kopi yang aku suka "dulunya" adalah kopi yang sudah mix seperti cappucino dan lain-lain. Bahkan dulu saking sukanya minum kopi sering diingatkan adikku, "kena bisa mati tu kayak Mbah Surip"... Aiiiih tak gendong kemana-mana dong. Beberapa bulan belakangan ini malah balik lagi menyukai kopi hitam walaupun harus tetap ditambahkan gula.

Oh ya masih banyak penikmat kopi yang hanya sekedar menikmati tanpa tau apa manfaatnya. Berikut hasil jalan-jalan di dunia maya, aku "kopi"kan untuk kita semua

Inilah 10 Manfaat Meminum Kopi Secara Teratur Tiap Hari

  1. Dapat membantu melawan depresi serta memperbaiki suasana hati (mood) yang sedang buruk.
  2. Minum dua sampai empat cangkir kopi dalam sehari mampu mengurangi risiko bunuh diri pada pria maupun wanita dewasa.
  3. Kegunaan zat kafein pada coffee dapat membantu hati dalam menjalankan tugasnya serta mengurangi resiko penyakit sirosis hati dan bahkan kanker.
  4. Manfaat mengkonsumsi kopi hitam bisa membantu mengurangi berat badan serta dapat menekan nafsu makan seseorang.
  5. Mampu meningkatkan kinerja tubuh karena jumlah asam lemak dalam aliran darah akan meningkat setelah anda menikmati secangkir minuman ini hangat.
  6. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 berkat asam klorogenat dan alkaloid trigonelina yang berperan mengurangi glukosa dan respon insulin.
  7. Bagi orang yang sudah berumur, minum kopi dapat membantu daya pikir tetap tajam dengan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative.
  8. Mempertajam reaksi, perhatian, kewaspadaan dan penalaran logis berkat efek baik dari kafein di dalamnya.
  9. Khasiat kesehatan yang diperoleh selanjutnya adalah membantu anda menangkal kanker kulit serta tumor kulit ganas.
  10. Kegunaan lain kafein yaitu membantu memperkuat otot-otot tubuh, sama seperti anda melakukan aktivitas olahraga ringan.
Selain manfaat, tentunya ada juga bahayanya minum kopi (intinya sih kalo kebanyakan). Diantaranya adalah:
Sebuah jurnal penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedingsmenunjukkan bahwa jika seseorang di bawah usia 55 tahun meminum lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan sebesar 20% meninggal dalam waktu 17 tahun ke depan.
Kerugian konsumsi kopi bagi penampilan anda adalah menyebabkan gigi berwarna kuning dan nafas menjadi lebih mudah berbau tidak sedap. Sedangkan untuk seorang pecandu yang tidak bisa meminum coffee dalam jangka waktu tertentu akan mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Ini semua merupakan efek buruk minum kopi yang berasal dari konsumsi kafein secara berlebih
Jadi minum kopilah seperlunya karena segala sesuatu yang berlebihan maka tubuh akan memberikan reaksi yang berlebihan pula

Referensi: http://www.akusehatku.com/2013/08/bahaya-dibalik-manfaat-minum-kopi.html

Konon katanya ada istilah yang mengatakan bahwa "Kalo minum kopi maka ga bisa tidur". Kayaknya ada benarnya bagi sebagian orang tapi bagiku ga terlalu berlaku, yang berlaku bagiku adalah "Kalo tidur maka ga bisa ngopi"

Minggu, 27 September 2015

Menembus Kabut Asap


Yeay hari ini harus kembali ke Palangkaraya karena besok sdh masuk kerja lagi. Kebayang kabut asap di Palangkaraya lagi setelah mendapat udara yg lumayan seger di Kapuas.

Kabut asap mulai pekat lagi sekitar 15km sebelum Pulang Pisau daerah Mentaren sekitaran proyek pembangunan PLTU.

Iseng2 karena nyantai di jalan jadi foto2 dikit tentang penampakan kabut asap.

Kabut asap di Pulang Pisau
Bekas kebakaran lahan
Kanalisasi di Tumbang Nusa
Jembatan Tumbang Nusa

Kamis, 24 September 2015

Idul Adha 1436 H


Alhamdulillah kembali dipertemukan dengan Idul Adha. Tahun ini seperti tahun2 sebelumnya aku mudik.

Tahun ini ada "perbedaan" hari dalam pelaksanaan Idul Adha. Sebagian saudara muslim di hari rabu 23 Sept 2015 dan sebagian lagi besoknya mengikuti keputusan hasil sidang itsbat pemerintah.

Aku ikut Shalat Ied di Lapangan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas. Ditemani oleh kabut asap yang tipis namun kata mertuaku ini kabutnya lebih parah dibandingkan beberapa hari yang lalu. Khutbah disampaikan berisi materi tentang sejarah Makkah dan sejarah "ritual" dalam pelaksanaan ibadah haji seperti sa'i, melempar jamroh, dll

Setelah itu aku mengajak anak untuk melihat pemotongan hewan kurban agar ia mengerti atau setidaknya tau tentang berkurban

Selasa, 22 September 2015

Melawan Asap


Pagi ini kabut asap di Palangkaraya menebal lagi setelah kemaren agak menipis. Nampaknya kabut pagi ini lebih pekat dari biasanya. Dihimbau untuk menggunakan masker jika keluar ruangan atau ga usah keluar ruangan jika memang tidak diperlukan
A photo posted by M. Ramdhani (@abangdhani) on
Bagi yang tidak ada acara untuk keluar rumah, ada baiknya menutup jendela ataupun pintu agar intensitas asap yang masuk berkurang. Hidupkan selalu AC atau kipas angin untuk memecah kepekatan asap. Banyak-banyaklah minum air putih, madu, ataupun multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Senin, 21 September 2015

AXIS Kembali Masuk Ke Kalteng


Aku inget banget dulu waktu baru-baru punya BB sekitar tahun 2010 aku pake operator ini karena paket BB unlimited yang murah dan kenceng.

Dulunya axis masih mandiri, ga lama terus gabung sama XL (nampaknya hasil akuisisi) nah ga berapa lama sekitar tahun 2011 axis mengakhiri layanan di Kalteng.

Agak sedih sih karena harus ganti operator selular. Waktu itu memang axis lah yang tercepat untuk masalah koneksi. Waktu itu yaaaa....

Nah sekarang di kios-kios penjual pulsa sudah banyak yang menjual kartu perdana axis untuk paket datanya. Nampaknya sih axis kembali ekspansi ke Kalteng.

Untuk harga aku ga perhatiin banget jadinya ga bisa bandingin sama operator lain. Untuk urusan koneksi pun aku belum tau karena belum coba karena sekarang aku mempercayakan koneksi smartphone ku ke operator "merah" yang pasca bayar.

Mungkin kalo ada kesempatan pengen coba juga sih si axis. Buat dipasang di modem untuk tethering. Kali aja ada yang mau promo kasih kartu perdana + kuota gratis untuk di review hehe...

Sabtu, 19 September 2015

Husna Belajar Bahasa Dayak


Kemaren sore sambil makan bakso iseng ngajak ngobrol anak pake bahasa Dayak. Anakku Husna yang cuma mengerti bahasa Banjar dan sedikit bahasa Indonesia akhirnya menterjemahkan beberapa kata bahasa Dayak dengan bahasa Banjar/Indonesia.

Berikut obrolannya:
Aku (A): "nak jadi mandui lah?" -nak sudah mandi?-
Husna (H): "jadi ai" -iya jadi-
A: "ikau kuman narai?" -kamu makan apa?-
H: (diem ga nyahut) -???-
A: "tau dia kuman jituh?" -bisa ga makan ini?-
H: "tahu ai" -iya tau-
A: "mangat kah pangina?" -enak ya makanannya?-
H: (diem lagi ga nyahut) -???-
dan tiba-tiba Husna berdiri mau pergi.
A: "handak kakueh nak? jadi besuh kah?" mau kemana nak? udah kenyang ya?-
H: "kada! jadi pramugari aja" -ga! jadi pramugari aja-
A: *ketawa ngakak*

Jumat, 18 September 2015

Yuk Berkurban


http://4.bp.blogspot.com/-vNQvPZybFU4/UHdzcNKKswI/AAAAAAAABR4/i4aRSqpeSX4/s400/CreativeHewanKurban.png

Sebentar lagi mau Idul Adha, bagi kita-kita yang muslim dan mampu dianjurkan untuk memotong hewan kurban yang di Indonesia biasanya dengan 1 ekor sapi (untuk kurban 7 orang) atau 1 ekor kambing (untuk kurban 1 orang).

Definisi "mampu" disini bisa diterjemahkan dengan mampu untuk menyisihkan "sedikit" penghasilan yang didapat. Konsep itulah yang mendasari kami (teman-teman kantor dan aku) untuk menyisihkan penghasilan setiap bulannya yang kami sebut dengan "arisan kurban".

Konsep ini kami mulai sejak Idul Adha tahun yang lalu. Ini artinya jika kita memang niat untuk berkurban -agar ringan- maka bisa dimulai dari setahun sebelumnya. Kami sepakat untuk "menyetorkan" iuran kurban sebanyak Rp. 200rb/bulan dan sebanyak 10 kali bayar atau 10 bulan. Tentunya setoran sejumlah tersebut tidak mutlak/wajib. Bagi yang punya rejeki lebih boleh lebih dari kesepakatan.

Akhirnya setelah 10 bulan berlalu, dari 5 orang yang ikut arisan terkumpul dana sebanyak Rp. 8,2 juta. Ini artinya ada beberapa orang yang tidak menyetor sebanyak 10 kali dan ini tidak masalah karena telah terjadi kesepakatan juga kalo sampai waktunya kurban dan iuran tidak mencukupi maka diberi pilihan menambah kekurangan atau menyimpannya untuk kurban tahun depannya lagi.

Dari 5 orang tadi, 1 orang setor sebanyak 9 kali dan mencairkan uangnya karena pindah kota dan akan menyalurkan kurban secara mandiri, 1 orang setor sebanyak 7 kali dan mencairkan uangnya juga untuk menyalurkan kurban sendiri. Sisanya 3 orang dengan total masing-masing Rp. 2,2jt, Rp. 2jt, dan Rp. 800k.

Berhubung hanya bertiga dan mendapat tawaran untuk gabung kurban di Dinkes Prop Kalteng, maka kami menyetorkan uangnya ke pengurus kurban di dinkes tersebut. Per orang mendapat jatah setor sebesar Rp. 2,2 jt sehingga bagi yang kurang akan menambah sebesar kekurangannya.

Insya Allah kurban akan dipotong pada hari sabtu 26 September 2015 di Dinkes Prop. Kalteng.

Rencana kami untuk tahun depan juga akan melakukan "arisan kurban" lagi. Insya Allah dengan partisipan yang lebih banyak. Aamiin ya rabbal'alamin...

*PS
Oh ya bagi teman-teman di luar KKP Palangkaraya yang mau ikutan iuran kurban juga boleh kok. Silahkan hubungi aku ya...

Kamis, 17 September 2015

Ngantri di KPPN (lagi)


Kejar-kejaran realisasi keuangan kantor memang bikin heboh seluruh pengelola keuangan termasuk aku yang sekedar operator aplikasi SPM dan petugas pengantar SPM ke KPPN.

Sudah dua hari ini aku berturut-turut untuk ngantri dan menyerahkan SPM untuk melakukan pencairan dana ke KPPN Palangkaraya. Sambil ngantri ya kadang ngobrol, kadang blog walking, kadang mencet-mencet hape ga jelas.

Ada sih keinginan untuk membunuh waktu antrian dengan baca buku cuma nanti dibilangin sok pintar pula sementara yang lain aktifitasnya maen hape. Mungkin mereka lagi baca postingan blog aku yang ga jelas arahnya kemana ini ya haha...

Berhubung nomor antrianku masih lama akhirnya aku memutuskan untuk negposting aja. Kali aja ada yang baca sambil ngantri di KPPN lain dan bisa sharing di kolom komentar.

***
Review sedikit tentang antrian di KPPN Palangkaraya. Setiap yang ingin pelayanan disini wajib mengambil nomor antrian. Antrian diambil di mesin antri dengan memilih pelayanan yang diminta. Nomor antrian terdiri dari 3 digit. Digit pertama (paling kiri) itu menunjukkan counter yang melayani.

Angka 0 artinya antrian untuk pelayanan counter umum. Counter ini melayani surat-menyurat, pengambilan SSP kembali. Counter ini ada 1 loket

Angka 2 artinya antrian untuk pelayanan counter Costumer Service. Counter ini ada 2 loket

Angka 3 artinya antrian untuk pelayanan counter penerimaan SPM. Counter ini ada 3 loket.

Angka 7 artinya antrian untuk pelayanan counter bank. Melayani konfirmas penerimaan negara berupa pajak dan PNBP. Counter ini ada 1 loket

Ada lagi 1 counter yang aku lupa angkanya berapa yaitu counter Rekon. Melayani rekonsiliasi data antara KPPN dan satker

Agar mengantri tak membosankan, dihidupkan tv yang tanpa suara hehe... kalopun dikasih suara ga akan terdengar jelas juga. Ada juga fasilitas dispenser dengan gelas yang cukup banyak. Dulu sih pernah ada kopi, gula, dan teh nya. Sekarang nampaknya sekedar air putih saja.

Rabu, 16 September 2015

PNS Yang Kena ISPA (Updated)


Aturan adalah aturan. Aturan jam kerja masuk 07.30 pulang 16.00 atau mundur lagi setengah jam kalo hari jum'at.

Kondisi kabut asap makin parah. Apalagi kalo pagi dan sore hari pekat euuy... alhasil banyak sekolah-sekolah diliburkan agar anak-anak sekolah terjaga kesehatannya. Tapi ini ga berlaku buat para pekerja khususnya PNS. Nampaknya ga ada dispensasi untuk datang agak siang dan pulang agak cepat. Pengennya sih gitu ya? Ya demi kesehatan doong.
Karena dampak asap ini, aku sempat kena ISPA dan masih blm benar2 sembuh saat ini. Hingga akhirnya ketergantungan sama yang namanya masker. Bahkan tidur pun pake masker. Hingga ada yg bilang, "masa' iya sih PNS kena ISPA cuma demi ngejar absensi"

**update**
Kemaren iseng ngetwit tentang ISPA-nya PNS dan ditanggapi retweet sama si @PNS_Ababil


Senin, 14 September 2015

Nyobain dCost Palangka Raya



Kemaren-kemaren dapat cerita tentang sebuah tempat makan yang baru buka di satu-satunya Mall yang ada di Palangka Raya. Namanya d'Cost. Kebetulan ada kesempatan ngajak anak main di mall tersebut dan iseng aku sama istri mau nyobain tuh tempat makan.

Jadi tempat makan ini menyediakan beraneka masakan dengan berbahan daging, ikan sungai, serta ikan laut dengan memberikan promosi berupa gratis nasi, teh tawar (panas dan dingin), teh manis (panas dan dingin) sepuasnya/sekenyangnya.

Pas liat-liat menu hmmm... lumayan sih harganya, lumayan mahal tapi tak apalah namanya juga nyobain. Kalo harga ga sesuai sama rasa yaaa tinggal bye bye cukup sekali datang aja hehe... 

Akhirnya kami order makanan yang jarang dimasak istri di rumah. Kami order cumi saos padang sama sup tom yam. Hmm masih deg-degan dan penasaran sama rasanya.

Okey orderan tiba, dengan porsi yang lumayan sedikit kenyang untuk dimakan tanpa nasi. Begitu dicobain. Waaaaaah.... rasanya mantap. Enak banget -Mungkin karena kami jarang makan diluar kali ya haha...- meskipun sup tom yam kalo diseruput tanpa nasi berasa agak terlalu asin. Tapi beneran kalo dibandingkan harga sama rasanya ya sebanding dah. Asal jangan dibandingkan dengan ukuran satu porsinya ya. Untuk harga segitu seporsi bisa dibilang dikit banget.

Giliran bayar, dapat bill dengan pembayaran hampir Rp 72k untuk 1 porsi cumi saos padang dan 1 porsi sup tom yam.. hmm standar lah kalo dibandingkan sama rasanya

Sabtu, 12 September 2015

Pilih Masker Yang Mana


Kabut asap di Palangka Raya sudah ga ketulungan lagi. Bau asap menyengat bahkan lebih menyengat daripada bau ketek. ISPA merajalela bahkan aku sempat jadi korbannya.

Sebagai bahan perlindungan diri saat keluar rumah, maka banyak yang menganjurkan untuk menggunakan masker. Nah masker seperti apa?

Kalo lihat beberapa instansi yang bagi-bagi masker, maka bisa dilihat masker yang dibagi biasanya adalah masker 3 lapis yang biasa digunakan atau disebut dengan masker bedah. Masker ini hanya digunakan sekali pakai, artinya habis dipakai langsung dibuang. Penampakannya seperti ini:
sumber: http://alkes-marinno.com
Selain itu juga banyak yang jual-jual masker di pinggir jalan. Bentuknya tipis hanya 2 lapis dan berwarna-warna. Masker ini juga digunakan hanya untuk sekali pakai, Penampakannya kurang lebih seperti ini:
sumber: https://medistrodental.files.wordpress.com
Ada juga yang jual jenis lainnya seperti ini:
sumber: http://gudangfashionpria.com


sumber: http://4.bp.blogspot.com/-rjcm5Jd3AUE/T4g9uGL1-0I/AAAAAAAABHM/rV-m3dtQEE4/s1600/masker-disney-campur.jpg

Nah yang paling TOP (favorit aku) untuk kabut asap katanya adalah masker N95. Bentuknya kayak BH dan agak tebal. Enak dipakai. Harganya memang lebih mahal dari jenis-jenis masker di atas. Makanya aku ga beli, minta dari stok kantor hehe... penampakannya gini nih:
sumber: http://202.67.224.130/pdimage/96/3584596_3mn958210.jpg
Jadi pilih yang mana? kalo aku pribadi sih selama masih ada stok N95 di kantor aku akan pake N95. Bagi yang ga punya, atau belum sempat beli, atau agak berat belinya karena harganya agak mahal, mungkin bisa ikutin triknya bro @spawnist berikut.





Jumat, 11 September 2015

Iseng Daripada Pusing


Kerja dengan data2 memang lumayan capek. Selain ngentry juga mengolahnya utk dijadikan laporan. Ya begitulah 4 hari ini aku bekerja dengan sistem yang namanya SISKOHATKES (sistem komputerisasi haji terpadu kesehatan). Melakukan update info kloter, entry data pemeriksaan akhir jamaah, dan entri data lainnya. Tentunya sambil dibantu oleh teman lain di unit siskohatkes juga.
Daripada capek, ada ide buat foto teman-teman di embarkasi. Cari topik yang beda akhirnya pun nyangkut di yang namanya jam tangan. Meskipun ga semuanya berhasil di foto dengan baik karena candid dan pake kamera henpon, berikut foto-fotonya

Casio G-Shock GA120 (Lilik Julianto)

Ga Tau Merk dan Tipenya (Nur Adha Merizali)

Alexandre Christie (Yexi L. Suardie)

Ga tau merk dan tipenya. Kayaknya ni jam tangan harganya minimal 4 juta haha (Hendry)

Senin, 07 September 2015

Sweeping Makanan Bawaan


"Bapak, Ibu mohon maaf kami periksa dulu barang bawaannya ya", begitulah sapa teman-teman dibagian sweeping makanan jamaah haji di embarkasi.

Yak sweeping wajib dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada jamaah seperti termakan makanan kadaluarsa atau makanan basi atau juga makanan yang bisa membahayakan kesehatan dan menganggu kegiatan ibadah jamaah haji.

Makanan yang biasa dibawa adalah makanan yang memang akan dimakan di Arab Saudi maupun makanan yang akan dimakan dalam perjalanan dari rumah ke embarkasi. Biasanya jamaah membawa makanan untuk di Arab Saudi konon katanya susah nyari makanan yang pas dengan selera sehari-hari.

Jika menemukan makanan yang kadaluarsa, tidak jelas tanggal kadaluarsanya, berpotensi cepat basi, berpotensi membahayakan kesehatan jamaah haji, makanan basah/berminyak, dan sejenisnya maka dengan segala permohonan maaf makanan tersebut harus disita. Namun jangan khawatir jika makanan telah disita, hasil sitaan bisa kami serahkan pada keluarga yang mengantar

Minggu, 06 September 2015

Dipersilahkan Share Tanpa Izin


Dalam dunia maya, social media nampaknya masih menjadi primadona. Bikin-bikin status galau, bahagia, sedih, bahkan curhat pun bagi sebagian orang dilakukan di sosial media.

Meskipun sifatnya akun pribadi, tidak sedikit yang memberikan informasi-informasi penting dan aktual. Dan bagi sebagian orang, info-info -atau bahkan curhatan seseorang- tersebut dirasa perlu untuk diteruskan dalam bentuk share. Biasanya dimintakan ijin dulu untuk melakukannya.

"Izin share ya mas", "nice info, izin share ya", dan masih banyak lagi kalimat-kalimat sejenis yang intinya meminta izin untuk melakukan share terhadap status/info dari sosial media orang lain. Setelah comment seperti itu, lantas langsung share tanpa menunggu balasan dari yang punya status/info terkait perizinan share. Jadi apakah perlu melakukan izin untuk melakukan share jika tanpa menunggu boleh atau tdknya dari si empunya status/info?

Siilahkan share tulisan ini jika anda merasa perlu share tanpa perlu meminta izin sama aku

Jumat, 04 September 2015

Local Data


Kemaren baru aja beli kartu perdana simpati internet yg 2GB. Harganya sih Rp 65k. Iseng cek pake aplikasi mytelkomsel. Ternyata 2GB yang dimaksud terdiri atas 500MB data flash dan 1,5GB local data.

Setelah cari informasi di internet ternyata local data hanya bisa digunakan di daerah dimana nomor/kartu itu di keluarkan.

Sebenarnya ga masalah karena kartu ini akan digunakan untuk keperluan internet selama embarkasi haji antara yang lokasinya di Palangka Raya juga. Tapi yang bikin kesel adalah kartu ini aktifnya 2 bulan sedangkan masa aktif yang tertera di mytelkomsel sampai dengan 24/10/2015. Artinya kartu ini sudah diaktifkan jauh-jauh hari sebelum aku beli. Memang sih kemasannya sudah agak terbuka dan aku baru sadar setelah sampe rumah. Ya sudah lah asal kuotanya ga berkurang setidaknya yang jual sekedar aktifin aja dan ga dipake

Kamis, 03 September 2015

Bijaklah Dalam Mengirim BM


Broadcast Message atau disingkat BM merupakan salah satu fasilitas layanan instant messaging seperti BBM atau whatsapp (WA). Fungsinya adalah untuk mempercepat penyampaian pesan dengan memasukkan banyak penerima dalam sekali kirim.

Sayangnya BM kadang ada yang cuma isinya "tc", "sori test contact" atau apalah. Kebayang ga kalo BBM atau WA jadi media komunikasi penting pasti kita mikirnya ada informasi penting yang masuk padahal cuma isinya gitu doang.

Ada lagi yang BM isinya tentang info yang ga masuk akal. Membalik PIN ATM kalo kita ditodong perampok misalnya. Itu kan ga masuk akal. Kalo PIN 1234 sih bisa dibalik jadi 4321 lah kalo PINnya 1111 gimana cara baliknya? Lagian kalopun bisa manggil polisi, yakinlah duitmu udah ludes duluan baru polisinya dateng (kayak di pelem India)

Courtesy of http://educatedva.com/

Trus ada juga nih yang BM isinya panjaaaaaaang banget. Kalo aku sih males bacanya. Mending singkat dulu aja nanti kalo memang ada yang interest pasti dia bales bertanya kok.

Memang hak masing-masing sih mau BM atau ga tapi hak masing-masing juga untuk bisa dapet BM yang berkualitas. Ga sekedar ikut-ikutan nge-share atau nge-share informasi yang dia juga ga tau kebenarannya seperti apa.

So... gunakan BM untuk share informasi penting, terkini, dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan kalo dapet BM dari orang lain, pelajari dulu apakah pantas untuk di share kembali atau tidak. Teknologi untuk orang-orang cerdas

Selasa, 01 September 2015

Aku Kudu Piye?


Jujur saja akhir-akhir ini semangat kerja menurun. Selain karena tanggal tua -baru hari ini gajian-, juga karena kondisi badan yang nge-drop. Efek kabut asap sih.

Kabut asap di Palangka Raya makin tebal aja, meskipun aku aktifitas di luar ruangan cukup sedikit paling cuma antar anak sekolah aja tapi efeknya luar biasa. Tadi malam badan udah pegel-pegel ga karuan kayak sakau habis digebukin orang, kepala pusing, tenggorokan sakit, hidung ga meler sih karena ingusnya kental banget dan berwarna agak kekuningan. Iseng cari artikel tentang ISPA, ternyata ciri-cirinya terjadi hampir semua sama aku tadi malam. Sumber Klik Disini Yaitu:

  1. Badan pegal -bener td malam badang pegel-pegel banget-
  2. Batuk -batuknya karena efek tenggorokan sakit kali ya-
  3. Sakit tenggorokan -naaah bener ini-
  4. Demam ringan -agak meningkat sih suhu tubuh kyknya-
  5. Ber-ingus -ini top deh meskipun kental-
  6. Tekanan di muka dan sering bersin -maksudnya tekanan di muka gmn ya? Bersin sih ga-

Jadi gmn ya hari ini, mau bertahan dengan ramuan herbal jahe hangat+madu aja atau nge-doping obat kimia? Kalo obat kimia ya mesti konsultasi dulu ke dokter. Atau beli obat batuk -yang katanya- herbal itu dulu ya? Yang pasti mau ningkatin banyaknya minum air putih sama istirahat aja. Siiip mari kita tidur siang -di kantor-