Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 28 September 2015

Manfaat Kopi


Kopi memiliki penikmat tersendiri seperti halnya teh atau minuman lainnya. Meminum kopi ada yang sekedar hobi bahkan ada pula yang menjadi kebiasaan atau keharusan.


Aku ingat cerita istri bahwa dulu mertuaku yang perempuan sering mengeluh pusing setiap hari. Setelah konsultasi ke dokter dan diberi obat maka pusingnya hilang. Setelah obatnya habis maka pusing berulang lagi dan disarankan dokter untuk mengkonsumsi kopi.

Akupun sebenarnya penikmat kopi tapi ga maniak. Sehari masih bisa jika diperlukan untuk tidak minum kopi meskipun terkadang kepala agak pusing juga. Meskipun pernah minum kopi hitam namun kopi yang aku suka "dulunya" adalah kopi yang sudah mix seperti cappucino dan lain-lain. Bahkan dulu saking sukanya minum kopi sering diingatkan adikku, "kena bisa mati tu kayak Mbah Surip"... Aiiiih tak gendong kemana-mana dong. Beberapa bulan belakangan ini malah balik lagi menyukai kopi hitam walaupun harus tetap ditambahkan gula.

Oh ya masih banyak penikmat kopi yang hanya sekedar menikmati tanpa tau apa manfaatnya. Berikut hasil jalan-jalan di dunia maya, aku "kopi"kan untuk kita semua

Inilah 10 Manfaat Meminum Kopi Secara Teratur Tiap Hari

  1. Dapat membantu melawan depresi serta memperbaiki suasana hati (mood) yang sedang buruk.
  2. Minum dua sampai empat cangkir kopi dalam sehari mampu mengurangi risiko bunuh diri pada pria maupun wanita dewasa.
  3. Kegunaan zat kafein pada coffee dapat membantu hati dalam menjalankan tugasnya serta mengurangi resiko penyakit sirosis hati dan bahkan kanker.
  4. Manfaat mengkonsumsi kopi hitam bisa membantu mengurangi berat badan serta dapat menekan nafsu makan seseorang.
  5. Mampu meningkatkan kinerja tubuh karena jumlah asam lemak dalam aliran darah akan meningkat setelah anda menikmati secangkir minuman ini hangat.
  6. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 berkat asam klorogenat dan alkaloid trigonelina yang berperan mengurangi glukosa dan respon insulin.
  7. Bagi orang yang sudah berumur, minum kopi dapat membantu daya pikir tetap tajam dengan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative.
  8. Mempertajam reaksi, perhatian, kewaspadaan dan penalaran logis berkat efek baik dari kafein di dalamnya.
  9. Khasiat kesehatan yang diperoleh selanjutnya adalah membantu anda menangkal kanker kulit serta tumor kulit ganas.
  10. Kegunaan lain kafein yaitu membantu memperkuat otot-otot tubuh, sama seperti anda melakukan aktivitas olahraga ringan.
Selain manfaat, tentunya ada juga bahayanya minum kopi (intinya sih kalo kebanyakan). Diantaranya adalah:
Sebuah jurnal penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Mayo Clinic Proceedingsmenunjukkan bahwa jika seseorang di bawah usia 55 tahun meminum lebih dari 4 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan sebesar 20% meninggal dalam waktu 17 tahun ke depan.
Kerugian konsumsi kopi bagi penampilan anda adalah menyebabkan gigi berwarna kuning dan nafas menjadi lebih mudah berbau tidak sedap. Sedangkan untuk seorang pecandu yang tidak bisa meminum coffee dalam jangka waktu tertentu akan mengalami migrain atau sakit kepala sebelah. Ini semua merupakan efek buruk minum kopi yang berasal dari konsumsi kafein secara berlebih
Jadi minum kopilah seperlunya karena segala sesuatu yang berlebihan maka tubuh akan memberikan reaksi yang berlebihan pula

Referensi: http://www.akusehatku.com/2013/08/bahaya-dibalik-manfaat-minum-kopi.html

Konon katanya ada istilah yang mengatakan bahwa "Kalo minum kopi maka ga bisa tidur". Kayaknya ada benarnya bagi sebagian orang tapi bagiku ga terlalu berlaku, yang berlaku bagiku adalah "Kalo tidur maka ga bisa ngopi"

2 komentar:

  1. segala yang berlebihan memang tidak baik, saya ngopi kalau kepengen aja :D

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut