Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 September 2015

Yuk Berkurban


http://4.bp.blogspot.com/-vNQvPZybFU4/UHdzcNKKswI/AAAAAAAABR4/i4aRSqpeSX4/s400/CreativeHewanKurban.png

Sebentar lagi mau Idul Adha, bagi kita-kita yang muslim dan mampu dianjurkan untuk memotong hewan kurban yang di Indonesia biasanya dengan 1 ekor sapi (untuk kurban 7 orang) atau 1 ekor kambing (untuk kurban 1 orang).

Definisi "mampu" disini bisa diterjemahkan dengan mampu untuk menyisihkan "sedikit" penghasilan yang didapat. Konsep itulah yang mendasari kami (teman-teman kantor dan aku) untuk menyisihkan penghasilan setiap bulannya yang kami sebut dengan "arisan kurban".

Konsep ini kami mulai sejak Idul Adha tahun yang lalu. Ini artinya jika kita memang niat untuk berkurban -agar ringan- maka bisa dimulai dari setahun sebelumnya. Kami sepakat untuk "menyetorkan" iuran kurban sebanyak Rp. 200rb/bulan dan sebanyak 10 kali bayar atau 10 bulan. Tentunya setoran sejumlah tersebut tidak mutlak/wajib. Bagi yang punya rejeki lebih boleh lebih dari kesepakatan.

Akhirnya setelah 10 bulan berlalu, dari 5 orang yang ikut arisan terkumpul dana sebanyak Rp. 8,2 juta. Ini artinya ada beberapa orang yang tidak menyetor sebanyak 10 kali dan ini tidak masalah karena telah terjadi kesepakatan juga kalo sampai waktunya kurban dan iuran tidak mencukupi maka diberi pilihan menambah kekurangan atau menyimpannya untuk kurban tahun depannya lagi.

Dari 5 orang tadi, 1 orang setor sebanyak 9 kali dan mencairkan uangnya karena pindah kota dan akan menyalurkan kurban secara mandiri, 1 orang setor sebanyak 7 kali dan mencairkan uangnya juga untuk menyalurkan kurban sendiri. Sisanya 3 orang dengan total masing-masing Rp. 2,2jt, Rp. 2jt, dan Rp. 800k.

Berhubung hanya bertiga dan mendapat tawaran untuk gabung kurban di Dinkes Prop Kalteng, maka kami menyetorkan uangnya ke pengurus kurban di dinkes tersebut. Per orang mendapat jatah setor sebesar Rp. 2,2 jt sehingga bagi yang kurang akan menambah sebesar kekurangannya.

Insya Allah kurban akan dipotong pada hari sabtu 26 September 2015 di Dinkes Prop. Kalteng.

Rencana kami untuk tahun depan juga akan melakukan "arisan kurban" lagi. Insya Allah dengan partisipan yang lebih banyak. Aamiin ya rabbal'alamin...

*PS
Oh ya bagi teman-teman di luar KKP Palangkaraya yang mau ikutan iuran kurban juga boleh kok. Silahkan hubungi aku ya...

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut