Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 30 Oktober 2015

"Jadi!, Maka Jadilah!!" (Sebuah Renungan)


Beberapa bulan sudah kami di Palangka Raya didera kabut asap, mulai dari tipis hingga tebal. Mulai dari sekedar asap hingga asap bercampur abu kebakaran hutan. Banyak penduduk yang "tumbang" kena ISPA, bahkan tidak sedikit yang mengungsi keluar kota Palangka Raya untuk menyelamatkan anak-anak mereka.

Bantuan datang dari mana-mana, baik itu dari instansi pemerintah hingga para relawan. Partai-partai politik pun ga mau ketinggalan. Hampir setiap hari tim Pemadam Kebakaran bekerja hingga kelelahan. Posko-posko kesehatan didirikan. Semua sudah dikerahkan namun kabut asap tidak juga reda bahkan pemerintah nampaknya sudah menemui jalan buntu.

Demo dibuat warga di Palangka Raya. Presiden hingga Menteri-menteri berkunjung ke Palangka Raya. Luar biasa perhatian pemerintah dan para pemimpin negeri serta para relawan untuk kabut asap di Palangka Raya ini.

Berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan Pemerintah, relawan, dan bahkan warga berjibaku dengan kebakaran lahan serta kabut asap yang semakin pekat. Penerbangan tidak dapat dilakukan sehingga membuat maskapai rugi besar, sekolah-sekolah diliburkan karena dikhawatirkan bisa berdampak buruk pada kesehatan siswa, perekonomian mengalami keguncangan.

Hingga, senin malam 26 Oktober 2015 Allah menunjukkan kuasaNya. DiturunkanNya hujan lebat. Hujan berlanjut pada malam-malam selanjutnya dan tidak sampai satu minggu udara Palangka Raya sudah jauh membaik. Benarlah jika Allah sudah berkata, "Kun! Fayakun!. Jadi! Maka Jadilah!" tak perlu waktu lama. Semoga renungan ini bisa memberikan terang pada hati kita dimana tidak ada daya dan upaya melainkan atas kehendakNya.

Tulisan ini bukan berarti menafikkan usaha dari pemerintah dan para relawan, bukan! Melainkan inilah hal yang bisa diambil hikmahnya dimana setiap usaha harus diiringi doa sebab usaha tanpa doa adalah sombong dan doa tanpa usaha adalah sia-sia

Kondisi Saat Kabut Asap Pekat

Sudah Cukup Cerah

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut