Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 18 Desember 2015

Beberapa Perbedaan Pendapat Dalam Islam


Kali ini postingan agak berat dikit hehe oleh2 dari jum'atan 18 Des 2015 di Masjid At Tarbiyah, Menteng 10 Palangka Raya.

Khatib yg menyampaikan khutbah adl ust. Syaifullah. Beliau menyampaikan tentang beberapa perbedaan pendapat dalam Islam. Perbedaan pendapat itu diantaranya dikarenakan adanya perbedaan mahzab.

Yang pertama adalah perihal Perayaan Maulid Nabi Muhammad. Maulid Nabi Muhammad merupakan hal yg tidak ada tuntunannya dari Rasulullah sehingga dikatakan bid'ah. Nah ada sebagian kalangan yg memperbolehkan karena bid'ah ini adalah bid'ah yang baik tapi sebagian kalangan lg mengatakan bid'ah ya bid'ah dan tidak boleh dilakukan karena tdk ada tuntunannya.

Yang kedua adalah perihal Mengucapkan Selamat Natal. Sebagian berpendapat bahwa jika mengucapkan selamat natal berarti mengikuti/mengakui ajaran Kristen yang mengatakan Isa (Yesus) itu Tuhan namun ada juga sebagian yang berpendapat bahwa kalo mengucapkan selamat natal bukan berarti mengakui seperti yg sudah dipaparkan di atas.

Yang ketiga adalah perihal Penentuan 1 Ramadhan dan 1 Syawal. Perbedaan ini terjadi karena adanya perbedaan cara penentuan. Ada yang menggunakan perhitungan (hisab) dan ada yan menggunakan gabungan antara hisab dan melihat bulan (ru'yatul hilal).

Yang keempat adalah perihal Jumlah Rakaat Shalat Tarawih. Ada yang berpendapat 8 rakaat, ada yg 20 rakaat, bahkan ada yg berpendapat dengan bilangan lainnya.

Diharapkan dengan perbedaan-perbedaan pendapat ini bukan menjadi perpecahan tetapi membuat umat Islam menjaga toleransinya. Sebab tidak ada pemaksaan untuk mengikuti salahsatu pendapat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut