Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 17 Oktober 2016

REPOST: Ibu Makan Pedas, ASI Juga Rasanya Pedas (?)


Sudah lumrah dalam obrolan sehari-hari kalo ibu menyusui tidak diperbolehkan atau disuruh mengurangi makan yang bercitarasa pedas karena bisa membuat si ibu mencret (yah ini sih bukan cuma terjadi pada ibu menyusui) dan membuat ASI berasa pedas. Benarkah?

Pedas itu rasa ya? bukannya rasa itu manis, asem, asin, pahit? Ya pedas sebenarnya bukan rasa tapi bisa dibilang sensasi. Sama halnya dengan panas atau dingin. Di dalam cabe terkandung zat yang bernama capsaicin yang memberikan sensasi terbakar pada lidah.

gambar diambil dari sini

Capsaicin ini akan larut di dalam darah ibu. Ya benar, jika larut di dalam darah ibu maka akan berpengaruh ke ASI. Jadi jika ibu makan pedas, ASI nya akan pedas juga? Ternyata TIDAK sodara-sodara. ASI tidak akan berasa pedas bagi bayi. Jadi ibu menyusui boleh dong makan makanan yang pedas? boleh (horeeee!!!) Asal jangan berlebihan karena kalo berlebihan maka si ibu akan mules-mules, sakit perut, mencret, stress, dan berakibat menurunya kualitas ASI.

Eh tapi ada lho ketika ibu menyusui makan pedas eh anaknya mencret. Wah tu ibu kebangetan banget masa anaknya dikasih makan yang pedas-pedas.. Fokus fokus... kita ngomongin ASI bukan MPASI. Karena capsaicin yang terkandung di dalam darah ibu, maka akan terkandung juga di dalam ASInya. Meskipun tidak berasa pedas, namun bagi bayi-bayi tertentu bisa mengakibatkan mencret dikarenakan pencernaannya yang sensitif atau alergi terhadap capsaicin ini. Jadi bayi mencret bukan karena sensasi pedas ASI tapi karena alergi atau hypersensitif terhadap capsaicin.

Jadi si ibu boleh ga nih makan yang pedas-pedas? sekali lagi boleh asal jangan berlebihan nanti si ibu sakit perut. Perhatikan juga reaksi pada si bayi ya. Jangan ngotot makan pedas tapi ternyata buah hati kita alergi dan sensitif.

Tulisan ini juga aku muat di http://asikalteng.blogspot.co.id/2016/01/ibu-makan-pedas-asi-juga-rasanya-pedas.html

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut