Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 20 Januari 2016

Si Palui Wafat


Palui adalah seorang tokoh rekaan dalam cerita di masyarakat Banjar. Si Palui diceritakan merupakan orang yang panjang akal, lucu, namun terkadang juga terlihat "bodoh". Tokoh ini memiliki kolom tersendiri di Harian Surat Kabar Banjarmasin Post. (Palui versi online bisa dilihat disini)

gambar diambil dari sini

Cerita-cerita Palui bagiku sih menarik karena ada sisi humor dan ada sisi pembelajarannya juga. Sayangnya cerita-cerita Palui ini berbahasa Banjar yang tidak semua orang bisa mengerti.

Sebuah cerita tentang wafatnya Palui ada nih (eh kok ceritanya langsung wafat?) yah begitulah ceria si Palui ini antara satu cerita ke cerita yang lain kadang ga ada hubungannya. Punya topik sendiri-sendiri.

Diceritakan bahwa Palui mengalami sakit parah dan dia merasa akan segera meninggal. Ia lalu teringat akan dosa-dosa yang telah dilakukannya dan sangat takut bertemu dengan Malaikat Munkar dan Nakir "Sang Penanya Dalam Kubur".

Ditengah ketidakmampuannya bertahan dalam sakitnya, Palui berpesan kepada istrinya jika dia meninggal minta dikafani dengan kain kafan yang sudah usang, kalo bisa yang sudah sobek-sobek. Akhirnya Palui meninggal dan dilaksanakanlah wasiatnya yaitu meng-kafani dengan kain kafan yang usang dan sobek-sobek.

Setelah dimakamkan, para pengantar ke kubur mulai pulang ke rumah masing-masing. Kini tibalah tugas Munkar dan Nakir untuk menanyakan beberapa pertanyaan yang cukup gampang namun sulit dijawab oleh orang-orang yang sering berbuat maksiat.

"Siapa Tuhanmu?", malaikat bertanya. Palui pun berkata, "Hei kalian malaikat, kenapa menanyai aku lagi? Bukankah aku sudah lama mati. Coba lah lihat kain kafanku sudah usang dan sobek-sobek. Itu tandanya aku sudah lama mati dan sudah kalian tanyai"

2 komentar:

  1. Mudah-mudahan malaikatnya nggak tepok jidat dijawabi begitu.

    BalasHapus
  2. Paling2 malaikatnya tepok mulutnya Si Palui hehe

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut