Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 22 Januari 2016

Tugu Soekarno, Titik Awal Kota Palangka Raya


Tugu Soekarno, rasa-rasanya aku belum pernah hunting foto sendirian disini. Walopun mungkin objek foto nampaknya tak terlalu banyak tapi rasa kangen foto-foto kayaknya bisa disalurkan pagi ini dan pas banget nih matahari berlindung di balik awan mendung tipis sisa hujan tadi malam.

Alhasil mampir sebentar disana dan foto-foto dengan bekal kamera henpon Xiaomi Mi4i yang diaktifkan fitur HDR nya dan sebuah lensa super wide 0,4X murah yang diperuntukkan buat henpon.

Tugu Soekarno
Oh ya sebelum lanjut dengan foto lainnya mari kita berbagi pengetahuan tentang sejarah kota Palangka Raya khususnya yang berkaitan dengan Tugu Soekarno ini. Singkat saja (kalo mau lengkapnya bisa buku link sumber-nya)

Tiang pertama pembangunan Kota Palangka Raya dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia pada saat itu, Soekarno pada tanggal 17 Juli 1957 dengan ditandai peresmian Monumen/Tugu Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah di Pahandut

Kota Palangka Raya atau Palangkaraya adalah sebuah kota sekaligus merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Dahulu dikenal dengan Palangkaraja (1957-1972). Kota ini memiliki luas wilayah 2.400 km² dan berpenduduk sebanyak 220.962 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 92.067 jiwa tiap km² (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Sebelum otonomi daerah pada tahun 2001, Kota Palangka Raya hanya memiliki 2 kecamatan, yaitu: Pahandut dan Bukit Batu. Kini secara administratif, Kota Palangka Raya terdiri atas 5 kecamatan, yakni: Pahandut, Jekan Raya, Bukit Batu, Sebangau, dan Rakumpit
Kota ini dibangun pada tahun 1957 (UU Darurat No. 10/1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Tingkat I Kalimantan Tengah) dari hutan belantara yang dibuka melalui Desa Pahandut di tepi Sungai Kahayan. Palangka Raya merupakan kota dengan luas wilayah terbesar di Indonesia. Sebagian wilayahnya masih berupa hutan, termasuk hutan lindung, konservasi alam serta Hutan Lindung Tangkiling.

Sumber: Dari sini dan sini

Seperti kita tau bahwa kota-kota di Kalimantan Tengah ini rata-rata letaknya di tepi sungai. Pun begitu juga dengan Palangkaraya. Letaknya di tepi Sungai Kahayan. Oh ya bagi yang mau berwisata dengan perahu susur sungai, pelabuhan yang digunakan adalah pelabuhan di Tugu Soekarno ini.

Perahu Susur Sungai. Gambar dari sini

Okay lanjut foto-fotonya ya....

Patung Soekarno. Rasa-rasanya ada patung yang gayanya juga begini. Patung apa ya? *melawan lupa*

Gapura ini salah satu jalur akses menuju pelabuhan

Jalan atau tepatnya jembatan menuju pelabuhan. ps: Nampaknya kualitas kamera menurun dengan penggunaan lensa super wide ini

Jalan perkampungan di tepi Sungai Kahayan

Kawasan Tugu Soekarno, ps: lagi-lagi foto agak buram karena penggunaan lensa super wide

Numpang ngeksis dengan latar belakang Jembatan Kahayan

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut