Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 08 Februari 2016

Lindungi Keluarga Dari Ancaman DBD


Seperti kita tau akhir-akhir ini sedang marak yang namanya demam berdarah dengue atau lazim dikenal dengan akronim DBD. DBD ini ditularkan oleh media penular binatang yaitu nyamuk bernama aedes aegypti yang dengan cueknya menularkan virus DBD ini dari manusia yang terinfeksi ke manusia yang sehat dengan melalui proses "gigit-menggigit".

Biasanya DBD mewabah disaat musim-musim dimana banyak air tergenang, bisa saat musim hujan atau pasca banjir. Kenapa? Karena media perkembangan nyamuk aedes aegypti ini adalah genangan air yang merupakan tempat menetaskan telurnya sehingga menjadi larva. Larva ini biasanya disebut dengan jentik nyamuk.

Tampang nyamuk penyebar DBD. Gambar dari sini
Seperti himbauan pemerintah, kita perlu mencegah DBD dengan 3M yaitu: Melihat, Meraba, dan Menerawang. Menguras dan membersihkan penampungan air, Menutup tempat-tempat penampungan air, dan Mengubur barang-barang bekas yang potensial membuat/menampung air seperti kaleng bekas, botol bekas, bekas pacar, dan barang-barang bekas lainnya.

Dari 3M yang dianjurkan pemerintah, perlu juga melakukan pencegahan lain dengan cara memantau tempat-tempat penampungan air untuk memastikan tidak ada jentik nyamuk disana serta menghindari gigitan nyamuk dengan cara memasang kelambu saat tidur, menghidupkan obat nyamuk, dan/atau menggunakan lotion anti nyamuk. Untuk balita bisa menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih yang mengandung penolak nyamuk. Tidak lupa juga untuk menaburkan larvasida di penampungan air atau genangan air.

Selain itu juga perlu diperhatikan untuk menambah daya tahan tubuh seperti makan makanan bergizi, banyak minum air putih (baca juga: Alternatif Minum Air Putih), istirahat yang cukup, berolahraga, makan buah, dan jika diperlukan bisa mengkonsumsi suplemen vitamin. Dengan daya tahan tubuh yang baik maka penyakit akan kalah sebelum bertanding memperebutkan trofi kesehatan kita.

Mari jaga diri dan keluarga kita dari ancaman DBD. Salam sehat!

4 komentar:

  1. Bener banget, lakukan 3M dari rumah dan sekitar kita, emang lagi banyak banget kasus DBD, semoga kita diberikan kesehatan selalu, aamiin.

    BalasHapus
  2. 3M ini penting dan sebenarnya gampang, cuma masih jarang dilakukan. Lebih banyak cueknya, terutama di dekat rumah saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masnya sdh 3M belum? Mari kita kasih contohnya. Ajakin tetangganya mas buat bersih-bersih

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut