Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 03 Februari 2016

Review Power Bank Xiaomi 10.000 mAh


Kalo berbicara tentang Power Bank (PB) biasanya yang jadi pertimbangan untuk membelinya hanyalah kapasitas baterai si PB padahal ada beberapa hal yang juga penting dalam penggunaan PB agar baterai henpon kita tidak mudah rusak.

Masih ingat kan tentang Kiat Memilih PowerBank ini? Nah disitu ada disinggung dikit terkait PB merk Xiaomi. Jadi ngelanjutin postingan sebelumnya, disini akan aku paparkan tentang detail PB Xiaomi berkapasitas 10.000 mAh yang aku punya.


PB Xiaomi aku
Kita mulai dari segi fisik. Panjang dan lebar seukuran dengan kartu nama namun ketebalannya lumayan juga. Secara teknis, ukuran PB ini adalah 91 x 60.4 x 22mm dengan berat 207 gram. Casingnya berbahan aluminium yang nyaman digenggam karena ergonomis dan tidak licin. Pada bagian atas terdapat dua buah port. Satu untuk arus keluar dan satu untuk arus masuk. Untuk arus keluarnya sendiri sebesar 2,1 A. Juga terdapat 4 buah LED yang bisa mendeskripsikan tentang sisa tenaga di PB. Disematkan juga sebuah tombol power. Bagian depan terdapat tulisan khas perangkat Xiaomi yaitu MI sedangkan bagian belakang ada tulisan mi.com berukuran kecil. Pada bagian bawah terdapat info teknis terkait perangkat PB.
Dalam paket pembelian disediakan juga kabel sebagai penghubung untuk ke port masukan atau port keluaran, kabelnya cukup pendek sehingga kalo nge-cas ga bisa jauh dari PB nya.

Sisi atas tempat port, LED, dan tombol power
Sisi bawah
Kabel yang disertakan dalam paket pembelian
Sekarang kita masuk ke bagian jeroan alias dapur pacunya. Cell baterai lithium-ion rechargable dengan teknologi Polymer Cell 735Wh/L dari Panasonic dan LG agar PB 10000mAh ini tetap kecil tapi padat. Dari sisi keamanan PB ini memiliki 9 lapisan rangkaian proteksi chip kelas dunia yang dibuat oleh Texas Instrument dan Monolithic Power System, Inc. Teknologi lainnya adalah dengan penggunaan chip USB smart control dan chip charging/discharging sehingga bisa meningkatkan efisiensi.

Fitur-fitur keren yang dimiliki PB Xiaomi ini juga banyak, penjelasannya bsia dilihat dari gambar berikut
Sumber: mi.com/ Silahkan klik pada gambar untuk memperbesar
Pengalaman menggunakan PB Xiaomi 10.000 mAh.
Saat digunakan untuk menge-cas Xiaomi Mi4i di udara terbuka terasa agak hangat dikit sehangat charger yang sedang digunakan tapi saat dilakukan penge-cas-an di dalam tas, kehangatan berubah menjadi agak panas. Jadi disarankan untuk tetap mengecas di udara terbuka bukan di dalam tas.
Ketika baterai henpon penuh, PB akan mati dengan sendirinya sehingga melindungi baterai henpon dari over-charging. Jadi ga masalah kalo kamu-kamu nge-cas malem-malem terus ditinggal tidur.
Walopun perhitungan kasar PB kapasitas 10.000 mAh dapat digunakan untuk 3 kali ngecas full baterai Mi4i yang berkapasitas 3.120 mAh tapi kenyataannya hanya 2 kali full dan masih bisa digunakan untuk yang ketiga meskipun tidak bisa full-charged. Itu karena adanya loss daya dan energi yang berubah menjadi panas.

Referensi: mi.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut