Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 28 Mei 2016

Sejarah Tarawih


Sudah tau doong amalan yang dikerjakan setelah Sholat Isya yang hanya ada pada bulan Ramadhan. Ya... Tarawih. Shalat yang disunnahkan dan hanya dilakukan pada Bulan Ramadhan ini punya sejarah yang unik. Yuk simak di video berikut ini:



Huuh ga bisa Buffering. Ya udah aku ceritain aja ya secara singkat.

Pada suatu malam di Bulan Ramadhan, Rasulullah mengerjakan shalat malam dengan rakaat yang banyak setelah melaksanakan Shalat Isya, beberapa sahabat yang melihat beliau mengerjakan shalat tersebut pun ikut berjamaah bersama beliau.

Esok harinya para sahabat tersebut menceritakannya kepada sahabat lain bahwa mereka shalat berjamaah dengan Rasulullah setelah Shalat Isya dan pada malam harinya semakin banyak jamaah yang ingin ikut bersama Rasulullah.

Sama seperti hari sebelumnya, kabar shalat berjamaah bersama Rasulullah menyebar dari mulut ke mulut hingga pada malam harinya masjid penuh dan tidak dapat menampung jamaah lagi. Namun pada malam ketiga ini Rasulullah tidak melaksanakan shalat yang biasa Beliau lakukan pada dua malam berturut-turut sebelumnya.

Hingga menjelang subuh, Rasulullah baru ke masjid. Para sahabat bertanya kepada Beliau kenapa tidak shalat seperti biasanya dan Beliau menjawab, "aku khawatir akan turun Wahyu dari Allah untuk mewajibkan shalat tersebut karena kalian sangat menyukainya". Alhasil jadilah Shalat Tarawih menjadi shalat yang disunnahkan dan hanya dilakukan pada Bulan Ramadhan.

Naaah tau kan sekarang kenapa masjid-masjid penuh pada Bulan Ramadhan kalo sebelum Isya? eh tapi biasanya sih ada ketidakkonsisten-an nih. Biasanya pada awal Ramadhan saja masjid penuh sedangkan pada akhir Ramadhan cenderung sepi. Kenapa? Mungkin karena sedang banyak persiapan di rumah menjelang Idul Fitri kali ya hehe....

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut