Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 07 Juni 2016

Trik Memenuhi Kebutuhan Air Tubuh Selama Berpuasa


Berpuasa lebih dari 8 jam memang berisiko mengurangi kadar air dalam tubuh. Apalagi dengan aktifitas yang cenderung sama antara saat berpuasa dan saat tidak berpuasa tentunya membutuhkan asupan air yang setidaknya sama pula.

Foto dari sini
Para ahli menganjurkan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas per hari karena komposisi tubuh manusia mengandung banyak cairan. Nah pada saat berpuasa, bagaimana triknya. Sedikit berbagi trik yang sudah aku lakukan yaitu dengan membagi rentang waktu minum saat malam hari yaitu:
  • Satu gelas saat bangun sahur
  • Satu gelas saat sahur
  • Dua gelas saat berbuka puasa
  • Satu gelas sebelum shalat Isya + Tarawih
  • Satu gelas setelah shalat Isya + Tarawih
  • Dua gelas sebelum tidur

Nah dengan demikian ada 8 gelas air putih yang dikonsumsi. Ini belum termasuk minuman lain seperti teh, air kelapa, atau minuman halal dan baik lainnya yang pemirsa suka

Sedikit tips juga saat makan sahur, usahakan untuk tidak minum air putih sebanyak yang dimampu karena hanya akan membuat kita kembung dan beser alias suka pipis. Lebih baik membagi jadwal minum air putih agar efektif diserap tubuh. Dan satu lagi usahakan untuk tidak minum teh atau kopi serta minuman beraoda saat sahur karena minuman tersebut memiliki sifat "menguras" air dalam tubuh melalui buang air kecil.

Itu tips dan trik dari aku. Jika pemirsa ingin menambahkan bisa pada kolom komentar. Tetap semangat berpuasa dan tetap sehat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut