Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 17 Oktober 2016

Tagihan Pertama Kartu Kredit


Sebenarnya ini sih iseng aja. Sekedar menjadi pengingat di masa yang akan datang tentang pengalaman pertama punya kartu yang mungkin bagi sebagian orang menakutkan. Ya, namanya kartu kredit atau aku singkat CC aja ya a.k.a credit card.

Sekitar dua bulan yang lalu aku mencoba apply CC (lagi) di sebuah bank swasta. Setelah diproses, akhirnya sekitar 1 bulan kemudian CC udah ditangan. Meskipun tergolong tipe silver dan punya limit hanya 5jt namun itu sudah lebih dari cukup setidaknya untuk sekarang ini.

Awalnya aku tertarik dengan CC karena sering perjalanan dinas dan melakukan pemesanan tiket pesawat serta hotel secara online. Pemikiran aku sih simpel aja, kalo udah dipertanggungjawabkan perjadinnya kan bakalan ada duit untuk bayarin tagihannya. Ya sesimpel itu saja.

Namun ternyata kenyataan berbeda. Aku kirain CC punyaku termasuk yang free annual fee atau gratis biaya tahunan untuk tahun pertama, ternyata tidak. Aku dikenakan monthly fee atau biaya bulanan sebesar 15rb. Ga ada masalah sih disitu namun komitmen awal yang hanya akan menggunakan CC utk keperluan perjadin menjadi goyah. Namanya ga mau rugi, bayar fee bulanan kok ga dipake akhirnya CC dipake untuk keperluan yang sudah diperhitungkan dapat dibayarkan tagihannya nanti.

Sebulan pemakaian, terbitlah tagihan CC pertamaku. Besarnya tagihannya sih ga banyak, cuma Rp. 1.032.273,-. CC digunakan untuk bayar tagihan 4 nomor kartu halo, selainnya untuk jajan beli buku di Gramedia dan 1 kali ngetes belanja online pakai CC.

Sesuai kesepakatan yang ada, tagihan harus dibayar sebelum tanggal jatuh tempo. Pembayaran bisa dengan cara dilunasi atau cukup dengan 10% dari jumlah tagihan yang tentunya sisanya akan dikenakan bunga pinjaman yang akan ditagihkan periode selanjutnya. Dan aku memutuskan untuk melunasi saja karena memang pemakaian sudah diperhitungkan untuk dapat dibayar.

Sebenarnya mengendalikan penggunaan CC cukup mudah. Banyak yang takut punya CC karena kekhawatiran tidak bisa membayar tagihan. Iya kalo yang pake CC kita itu orang lain tapi kalo yang pake kita juga ya aku rasa sudah diperhitungkan untuk pembayarannya. Namun jujur punya CC meningkatkan sisi konsumtif kita karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Mau tau berbagai kemudahan punya CC? Silahkan googling hehe...

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut