Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya (Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a)

Arsip

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 11 Desember 2016

Pasukan Bergajah di Tahun Kelahiran Rasulullah


Rabiul Awwal, sebuah bulan yang didalamnya diperingati salahsatu peristiwa besar dalam Islam yaitu lahirnya Rasulullah Muhammad saw. Tapi juga tidak boleh lupa bahwa pada bulan ini juga lah Rasulullah wafat.

Kelahiran Rasulullah tidak lepas dari sebuah peristiwa di Mekkah yaitu adanya serbuan pasukan bergajah untuk menghancurkan Ka'bah. Saking pentingnya peristiwa ini, setelah Muhammad diangkat menjadi Rasul, Allah mengisahkan kembali peristiwa ini di Surah Al Fiil.

Dikisahkan bahwa ada seorang Raja Yaman bernama Abrahah yang ingin memindahkan ritual haji ke Yaman. Untuk itulah dia merasa perlu dan bersumpah untuk menghancurkan Ka'bah yang ada di Mekkah. Abrahah ini terkenal salahsatunya karena mampu menundukkan gajah. Dalam perjalanan dari Yaman ke Mekkah, Abrahah dan pasukannya mengendarai hewan tersebut.

Begitu akan memasuki kota Mekkah, gajah-gajah tunggangan mereka tidak mau bergerak maju. Segala upaya dikerahkan agar gajah-gajah tersebut bergerak tapi hasilnya nihil. Anehnya begitu gajah-gajah tersebut diarahkan kembali menuju Yaman, maka dengan mudahnya mereka bergerak. Saat bergerak diarahkan menuju Mekkah, gajah-gajah tersebut diam tak bergerak lagi.

Tidak berapa lama dari arah laut datanglah berbondong-bondong burung. Setiap burung membawa tanah keras layaknya batu sebanyak 3 butir, 2 di kaki dan 1 di paruhnya.

Tanah-tanah tersebut dihunjamkan ke pasukan gajah. Saking kuatnya hunjaman tersebut sampai-sampai tanah yg dihunjamkan bergesekan dengan atmosfir bumi dan menjadikannya sangat panas. Saking panasnya, siapapun akan mengalami luka bakar bahkan ada yang mati seketika. Namun tidak semua pasukan mati, termasuk Abrahah

Abrahah pun pulang ke Yaman dengan terluka disana-sini. Lukanya mengeluarkan darah dan nanah hingga akhirnya Abrahah sakit parah dan mati.

Itulah sejarah di tahun kelahiran Rasulullah yang dilahirkan pada 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah yang juga peristiwa tersebut diabadikan Allah dalam Surah Al-Fiil.

Betapa Allah melindungi Rasulullah bahkan sebelum Beliau lahir. Andai saja waktu itu Abrahah berhasil menghancurkan Ka'bah bisa jadi seluruh penduduk Mekkah akan menjadi tawanannya termasuk Rasulullah meskipun waktu itu masih dalam kandungan.

Wallahu'alam bisshawab...

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar pada formulir isian berikut